Berita

7 Alasan "Anak Sosial" Perlu Kuasai Matematika Dasar

Jumat, 07 Februari 2020 / Berita

Penulis Ayunda Pininta Kasih | Editor Yohanes Enggar Harususilo

KOMPAS.com - Bagi kamu yang tidak suka pelajaran matematika, mungkin pernah berpikir untuk mengambil jurusan yang tidak ada pelajaran matematikanya. Walau begitu, kamu tetap perlu menguasai matematika dasar karena sejumlah alasan.

Ibarat menguasai bahasa Inggris, kemampuan matematika dasar akan digunakan dalam berbagai bidang. Termasuk akan diujikan di pada seleksi masuk perguruan tinggi, psikotes saat melamar kerja, hingga pada saat seleksi beasiswa.

Berikut sejumlah alasan mengapa ilmu hitung-hitungan penting bagi anak IPS, Bahasa, maupun Sosial Humaniora (Soshum), melansir Rencanamu.id.

1. Semua bidang perlu hitung-hitungan Saat memilih jurusan Soshum seperti Ekonomi, Hukum, bahkan Desain Interior ada berbagai perhitungan yang perlu dilakukan. Misalnya, perhitungan anggaran, perhitungan dalam Hukum Waris dan Hukum Bisnis, atau perhitungan luas lantai dan luas keramik. Baca juga: Ternyata Perbanyak Aktivitas Fisik Jadikan Siswa Lebih Jago Matematika Begitu pula di jurusan psikologi, sastra, dan seni, mahasiswa juga akan dihadapkan dengan data dan riset yang memuat informasi kualitatif alias angka. Menariknya, Pythagoras tokoh yang menemukan rumus pitagoras ternyata bukan hanya ahli matematika, tetapi juga seorang filsuf dan ahli di bidang musik. Bahkan Pythagoras memasukkan ilmu matematika dalam menyusun harmoni musik.

2. Melatih logika Semua yang ada di Matematika bisa dibuktikan secara logis dengan rumus yang tepat, bukan mengandalkan intuisi apalagi halusinasi. Apalagi, tahun depan ujian nasional (UN) akan digantikan dengan Asesmen Pengganti yang di dalamnya terdapat soal yang akan menguji kompetensi bernalar tentang teks (literasi) dan angka (numerasi). Tanpa menguasai matematika dasar, ada kemungkinan kamu akan sulit untuk mengerjakan soal yang butuh penalaran alas logika.

3. Mengasah problem solving Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah merupakan hal yang penting terutama di dunia kerja. Soal Matematika yang rumit sejatinya mengajarkan kamu bagaimana cara memecahkan masalah secara logis. 

    Kirim Komentar

    © Copyright SISKOLA 2022 - All Rights Reserved. Designed and Developed by Developed by Citraweb

    customization